Agen pulsa murah

Tujuan dan Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Leon Pulsa - Kali ini kita akan membahas tentang SKB, ada yang belum tahu apa itu SKB ? jadi SKB itu adalah studi kelayakan bisnis. SKB adalah salah satu cabang ilmu ekonomi dibidang bisnis yang mana di dalamnya itu terdapat kegiatan penilaian terhadap suatu usaha atau proyek yang akan kita lakukan.

SKB

Penilaian tersebut tujuannya adalah untuk mengetahui apakah usaha atau proyek yang akan kita rancang dan kita kembangkan itu layak dan menguntungkan bagi para pelaku usaha ataukah tidak.

Selain untuk mengetahui layak atau tidaknya suatu usaha SKB juga untuk mempermudah jalannya usaha dan juga untuk mencegah terjadinya penanaman modal yang terlalu besar untuk keuntungan yang sedikit. 

Terjadinya studi kelayakan bisnis sendiri ada beberapa langkah-langkah yang antara lain adalah sebagai berikut :

Pertama, adalah menentukan ide yang bagus. Jadi para pelaku usaha harus mampu menemukan dan menentukan ide apa yang bagus untuk usaha mereka. Ide dapat di peroleh dari peluang-peluang usaha disekitar kita. Untuk lebih mudahnya adalah dengan mencari kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen disiktar kita yang masih belum banyak pelaku usaha tersebut.

Kedua, adalah melakukan studi pendahuluan. Jadi para pelaku usaha harus mampu mengetahui kendala-kendala apa yang mungkin akan terjadi. Apabila usaha tersebut dilaksanakan para pelaku usaha itu mampu mengetahui kendala-kendala dan akan diperoleh cara untuk mengatasinya. 

Ketiga, Jika telah cocok maka akan dilanjutkan ke tahap berikutnya adalah di dalam menyiapkan segala macam kebutuhan untuk memulainya. Studi kelayakan bisnis meliputi aspek-aspek studi kelayakan besarnya seperti aspek hukum teknologi keuangan maupun manajemen.

Keempat, adalah kumpulan data disini bisa dilakukan melalui observasi wawancara penelitian maupun pengamatan, rangkaian kalimat kita melakukan interpretasi selanjutnya adalah menarik kesimpulan dan melakukan rekomendasi.

Kelima, adalah tahap penyusunan. Dalam penyusunan ini dilakukan setelah semua aspek telah terpenuhi dan telah ditemukan semua hal yang dibutuhkan.

Demikian sedikit materi tentang contoh studi kelayakan bisnis yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin memulai usaha agar kedepan akan lancar dan berhasil. Kendala serta keuntungan akan tampak disini. Semoga ini dapat berguna bagi kalian semua.

Tag : Bisnis
Back To Top