Agen pulsa murah

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Komunikasi Bisnis

Leon Pulsa - Komunikasi bisnis itu sangat penting di dalam sebuah perusahaan atau institusi bisnis 

Sebuah perusahaan yang mampu melakukan komunikasi bisnis dengan baik ia akan memperoleh keuntungan dan produktivitas yang tinggi, sebaliknya sebuah perusahaan yang tidak mampu melakukan komunikasi secara efektif efisien ia akan membahayakan kondisi organisasinya sekaligus berpengaruh negatif terhadap masa depan organisasi bisnis.

Oleh karena itulah komunikasi bisnis menjadi semacam elanvital bagi sebuah perusahaan menjadi semacam jantungnya bagi sebuah perusahaan.

komunikasi bisnis

Saat ini kita saksikan setiap hari setiap saat setiap detik pertarungan bagaimana setiap organisasi perusahaan melakukan perang komunikasi bisnis, nah kalau begitu Apa sih yang dimaksud dengan komunikasi bisnis?

Komunikasi bisnis itu masuk dalam komunikasi secara umum, jadi komunikasi bisnis salah satu cabang dari komunikasi pada umumnya tetapi komunikasi bisnis secara spesifik bicara tentang komunikasi dan kaitanya dengan bisnis dan bahkan the business communication menjelaskan bahwa ketika komunikasi terjadi antara dua orang atau lebih mengenai urusan bisnis maka itu yang kemudian disebut dengan komunikasi bisnis.

Oleh karena itulah tujuan utama dari komunikasi bisnis itu adalah bertukar informasi keinginan sikap keputusan dan lain-lain terkait dengan kegiatan bisnis melalui komunikasi bisnis pihak-pihak seperti pemilik perusahaan manajer karyawan pelanggan investor supplier dan bankir itu dapat melakukan pertukaran informasi terkait dengan kegiatan bisnis.

Sehingga beberapa ilmuwan semacam ka misalkan menjelaskan bahwa komunikasi bisnis itu di definisikan sebagai pertukaran ide pesan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil 

Komunikasi bisnis itu penting bahwa Komunikasi itu adalah sumber kehidupan bisnis dan juga fungsi-fungsi pokok dalam manajemen sebuah perusahaan tidak ada bisnis yang dapat beroperasi bahkan satu detik setelah satu detik pun tanpa melakukan komunikasi sehingga komunikasi bisnis ini harus terus dimonitor dan harus berjalan setiap saat tidak boleh berhenti seperti nafas manusia yang tidak boleh berhenti berhenti nafas berarti mati.

Sama juga dalam perusahaan berhenti berkomunikasi berarti perusahaan bisnis itu akan mati kemudian di mana komunikasi bisnis berlangsung komunikasi bisnis dapat terjadi atau berlangsung dengan pihak internal ataupun eksternal pada organisasi ketika informasi dipertukarkan di antara berbagai pihak internal seperti pemilik manajer pekerja maka itu kemudian disebut dengan komunikasi bisnis internal.

Di sisi lain komunikasi bisnis eksternal terjadi ketika suatu organisasi bisnis atau institusi bisa bertukar pesan dengan pihak eksternal seperti pelanggan pemasok investor lembaga pemerintah pihak berwenang kompetitor atau atau atau yang disebut dengan pesaing itulah komunikasi bisnis eksternal

Dari penjelasan singkat ini bahwa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis dapat kita simpulkan bahwa komunikasi bisnis adalah proses dimana informasi pesan berita yang terkait dengan bisnis dipertukarkan di antara pembeli dan penjual.

Proses produsen Proses dimana informasi pesan berita yang terkait dengan bisnis dipertukarkan di antara pembeli penjual proses produsen supplier pesaing lembaga pemerintah dan lain-lain

Baca Juga : Tujuan dan Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Itulah yang dimaksud dengan komunikasi bisnis secara singkat. Demikian pengantar komunikasi bisnis semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Tag : Bisnis
Back To Top